10 Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk saat Puasa

10 Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk saat Puasa

Salah satu dari sekian banyak ‘godaan’ yang datang saat puasa adalah ngantuk. Karena Anda tidak bisa minum kopi untuk menghilangkannya, tidur semakin buruk. Lantas, adakah cara menghilangkan ngantuk saat puasa? Dengarkan di sini!

Bagaimana caranya agar tidak mengantuk saat puasa?

Selama puasa, Anda akan bangun pagi-pagi dan makan sahur. Hal ini kemudian menyebabkan perubahan dalam siklus tidur.

Menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh jurnal Penelitian Tidur, Siklus tidur menciptakan waktu tidur nyenyak (gerakan mata yang cepat) untuk mengurangi. Akibatnya, kantuk bisa muncul sepanjang hari.

Tak hanya itu, penyebab mudah mengantuk saat puasa juga karena hingga tiba waktu berbuka, tubuh tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Ini mengurangi produksi hormon melatonin.

Melatonin adalah hormon yang membuat tubuh tetap terjaga. Karena itu, ketika Anda mengalami kekurangan, Anda akan merasa mengantuk saat berpuasa.

Sekarang, Untuk mencegah susah tidur saat puasa, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Sesuaikan Jadwal Tidur

Selama bulan Ramadhan, Anda harus bangun sekitar pukul 03:00 pagi untuk mengambil Sahar. Agar durasi tidur tetap ideal, sesuaikan jadwal tidur Anda dengan tidur lebih awal dari biasanya.

Jika biasanya tidur pukul 22.00 atau 23.00 malam, usahakan tidur pukul 21.00 saat Ramadan.

Selain itu, Anda bisa menyisihkan waktu untuk tidur sebentar keesokan harinya, misalnya saat istirahat kerja.

2. Power Nap

Berkedip Ada cara agar tidak mengantuk saat berpuasa. Sisihkan waktu sekitar 30 menit sehari (saat istirahat kerja) untuk tidur siang singkat.

SekarangSaat rasa kantuk sudah tak tertahankan, jangan paksa tubuh Anda untuk bergerak. menyisihkan waktu untuk Berkedip Ini.

Perlu diingat, jangan tidur lebih dari 30 menit karena justru akan membuat Anda mengantuk. Tubuh mungkin merasa lelah saat bangun nanti.

3. Kualitas Tidur

Selama puasa Ramadhan, jam tidur akan berkurang. Sekarang, Agar tidak mudah tertidur saat puasa keesokan harinya, buatlah tidur Anda lebih berkualitas.

Untuk menghasilkan tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti memastikan kamar tidur nyaman, tenang, hening dan minim penerangan. Juga, Anda dapat menggunakan masker mata untuk tertidur dengan mudah.

4. Banyak Bergerak

Anda bisa mengatasi mengi saat tidur dengan cara ini. Ya, banyak bergerak bisa menjadi metode yang bisa sangat membantu.

Menurut penelitian, jalan kaki minimal 10 menit dapat memberikan energi pada tubuh yang dapat digunakan selama 2 (dua) jam ke depan. Tidak lepas dari kenyataan bahwa jalan kaki memungkinkan oksigen mengalir ke pembuluh darah, otot, otak.

Selain itu, meluncurkan Penerbitan Kesehatan HarvardPeningkatan oksigen dalam tubuh mendukung produksi energi mitokondria.

Mitokondria sendiri adalah pembangkit tenaga sel. Fungsinya adalah untuk bahan bakar glukosa dari makanan yang Anda makan dan untuk menghasilkan oksigen dari udara yang Anda hirup.

Ini juga akan memungkinkan tubuh berfungsi lebih baik karena menggunakan energinya lebih efisien.

Perlu dicatat bahwa kantuk saat puasa terjadi karena penyumbatan aliran oksigen ke otak. Nah, jangan sampai ketinggalan tips yang satu ini ya?

5. bicara

Jika Anda mengantuk saat berpuasa, cobalah untuk berbicara dan berbicara dengan orang-orang di sekitar Anda, seperti rekan kerja atau rekan satu tim olahraga. Dipercaya dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Untuk benar-benar merasakan dampaknya, cobalah mendiskusikan topik serius dengan lawan bicara daripada topik ringan atau membosankan.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan disekitar Rumah

6. Cuci Wajahmu

Mencuci muka saat tidur juga merupakan cara ampuh mengatasi kantuk saat berpuasa. Apakah Anda tahu. Segera cuci muka jika merasa ngantuk dan tak tertahankan.

Apalagi jika air yang digunakan untuk mencuci muka adalah air dingin. Sensasi segar yang muncul akan membantu menghilangkan rasa ngantuk.

7. Temukan Tempat Pencahayaan

Intensitas cahaya juga mempengaruhi respon tubuh terhadap tidur. Cahaya redup ditangkap oleh tubuh sebagai waktu istirahat, keadaan ini akhirnya membuat Anda mengantuk.

meluncurkan CDCSinar matahari/siklus gelap memiliki efek mendalam pada jam sirkadian, tidur, dan kewaspadaan. Dengan kata sederhana, jam sirkadian adalah periode waktu yang digunakan untuk mengatur jam tidur-bangun tubuh.

Jika Anda merasa mengantuk saat puasa di siang hari, cobalah pergi ke luar untuk mendapatkan sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa mencari tempat yang memiliki cahaya lebih terang dari ruangan.

8. Meditasi

Menurut beberapa penelitian, bermeditasi minimal 5 menit saat puasa bisa menjadi cara yang efektif untuk tertidur.

Sekali lagi, jangan paksa tubuh Anda untuk bekerja saat Anda merasa mengantuk. Temukan tempat yang tenang, rilekskan tubuh Anda, tutup mata Anda, lalu lakukan beberapa latihan pernapasan.

Maksud dari tips agar Anda tidak mudah mengantuk saat berpuasa adalah untuk memperlancar aliran oksigen ke otak sehingga tubuh kembali bugar dan tidur bisa teratasi.

9. Temukan Hiburan di Internet

Tidak ada salahnya memanfaatkan layar komputer sejenak selain bekerja, apalagi saat Anda mengantuk.

Misalnya, Anda dapat pergi ke situs portal berita, lihat Rantai Mencari referensi ke favorit Anda, atau menu buka puasa.

Tetap saja, jangan biarkan hal itu menghalangi pekerjaan Anda, oke?

10. Makan Secara Teratur

Kantuk bisa muncul ketika tubuh tidak mendapatkan cukup makanan dan minuman. Agar tidak ngantuk saat puasa, konsumsilah dalam porsi yang ideal baik di pagi hari maupun buka puasa.

Dengan begitu, tubuh tidak cepat kehilangan energi yang menyebabkan rasa lelah dan ngantuk saat berpuasa.

Itulah tips agar Anda tidak mudah mengantuk saat berpuasa yang patut untuk Anda coba. Semoga puasa dan aktivitasnya lancar. Selamat berpuasa!