5 Cara Mudah Menjaga Kecantikan Secara Alami

Cara Mudah Menjaga Kecantikan Secara Alami

Untuk mendapatkan kondisi kulit yang diinginkan, banyak orang lebih memilih merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan yang mahal. Tentu saja, kulit sehat dan glowing tidak selalu didapat dari produk kecantikan dan perawatan yang mahal lho,

Ada banyak cara untuk menjaga kecantikan alami yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah untuk mengatasi masalah pada wajah Anda. Apa saja metodenya? Baca lebih lanjut di bawah ini.

1. Lakukan pembersihan ganda

Kunci kulit sehat dan glowing adalah wajah yang bersih. Bersihkan wajah 2 kali sehari, setelah bangun pagi dan sebelum tidur malam. Menerapkan metode double cleansing dapat membersihkan semua kotoran dan kotoran makeup pada kulit wajah Anda yang memiliki kemampuan untuk menyumbat pori-pori.

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan non-abrasif seperti COSRX Low pH Good Morning Cleanser (Rp 91.853) untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah iritasi kulit. Disarankan juga untuk mencuci muka setelah berolahraga atau setelah beraktivitas di luar rumah untuk menghilangkan lendir dan bakteri dari wajah.

Baca Juga : 8 Manfaat Luar Biasa Nanas untuk Kesehatan

2. Hindari menyentuh wajah Anda

Apakah Anda memiliki kebiasaan menyentuh wajah? Hal ini sering dilakukan tanpa disadari tetapi memiliki dampak besar pada kesehatan kulit Anda serta tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, setidaknya 16 orang menyentuh wajah mereka tanpa sadar setidaknya 16 kali dalam satu jam. Parahnya, banyak orang bahkan menghilangkan jerawat atau komedo dengan tangan kotor.

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak dicuci dapat menularkan kotoran, bakteri, kuman dan virus ke wajah Anda, yang dapat menyebabkan komedo, jerawat, dan penyakit lain seperti demam dan batuk. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kontak non-wajah sangat penting untuk mengontrol kadar minyak wajah.

Lalu bagaimana cara menghentikan kebiasaan tersebut? Zachary Sikora, seorang psikolog di Huntley Hospital di Northwestern Medicine, mengatakan kepada Healthline bahwa dia menyarankan menggunakan sabun tangan beraroma untuk mengingatkan Anda agar menjauhkan tangan dari wajah Anda.

Dia melanjutkan, “Sibukkan tanganmu. Jika Anda sedang menonton TV di rumah, matikan mesin cuci atau pegang sesuatu di tangan Anda.

3. Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya atau sunblock setiap hari sebelum beraktivitas juga merupakan hal yang harus dilakukan sebagai salah satu cara untuk menjaga keindahan alam. Ini karena sinar ultraviolet matahari dapat berdampak buruk pada kulit Anda.

Untuk meningkatkan risiko kulit terbakar, komedo, keriput, bekas jerawat (hiperpigmentasi), dan kanker, sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali setiap 2-3 jam.

Penting juga untuk memilih tabir surya yang tepat agar tidak menyumbat pori-pori di wajah Anda. Pilih tabir surya yang ringan, cepat menyerap, dan tidak berwarna putih seperti Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA ++++ (Rp56,682). Cocok untuk semua jenis kulit, Azarine juga mengandung bahan-bahan alami seperti propolis, lidah buaya, teh hijau dan buah delima yang menutrisi kulit Anda.

4. Minum air putih 8 gelas setiap hari

Langkah selanjutnya dalam melestarikan keindahan alam adalah dengan banyak minum air putih. Mengapa air minum begitu penting? Ini karena sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup tidak hanya untuk kecantikan kulit tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Air membantu tubuh meregenerasi sel, menjaga keseimbangan pH kulit Anda, dan mencegah jerawat dan berjerawat dengan membuang racun dari tubuh.

Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari agar kulit tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik meningkatkan elastisitas kulit, membuat kulit Anda terlihat sehat dan bercahaya.

5. Tidur yang cukup

Sel-sel tubuh yang rusak akibat paparan radikal bebas diperbaiki saat Anda tidur. Inilah sebabnya mengapa tidur yang cukup setidaknya 7 hingga 9 jam sehari sangat penting untuk tubuh dan kulit Anda.

Saat Anda tidak tidur, kulit di wajah Anda menjadi gelap, mata Anda menjadi gelap, dan meningkatkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus dan kerutan. Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, hindari kafein setidaknya 6 jam sebelum tidur dan jaga agar ruangan tetap terang.