5 Makanan Penyebab Jerawat dan Masalah Kulit

5 Makanan Penyebab Jerawat dan Masalah Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda membutuhkan lebih dari sekadar kombinasi pembersih, pelembab, toner, dan serum yang tepat. Bukan berarti perawatan itu tidak penting, tapi kulit yang sehat dan bersih sebenarnya dimulai dari apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, bukan apa yang Anda masukkan ke dalam kulit Anda.

Nutrisi yang buruk dapat berdampak negatif pada seluruh tubuh, termasuk kulit. Tentunya bukan berarti tidak mungkin memiliki rutinitas harian nantinya perawatan kulit– Anda terbuang. Oleh karena itu, penting untuk menghindari makan berbagai makanan yang dapat menyebabkan masalah kulit.

Cari Tahu Makanan Yang Harus Dihindari Agar Kulit Sehat Berkilau?

Makanan penyebab jerawat dan masalah kulit

Ini adalah daftar makanan yang dapat menyebabkan masalah kulit.

Gula

Gula, terutama gula rafinasi, memiliki sifat inflamasi. Selanjutnya, diet tinggi gula dapat memperburuk banyak masalah kulit umum seperti jerawat, rosacea, eksim dan penyakit kulit, dan juga berhubungan dengan tanda-tanda kanker kulit dan penuaan.

Untuk menghindari berbagai masalah kulit, hindari makanan manis seperti roti putih, soda, permen, jus buah, sereal manis dan snack bar untuk mencegah kapsul insulin yang merangsang peradangan. Untuk memuaskan keinginan Anda akan makanan manis, ganti buah-buahan atau kacang-kacangan dengan makanan tinggi gula.

Baca Juga : Pertolongan Pertama pada Semua Jenis Luka Bakar

Daging tinggi lemak

Meski enak, sebagian besar daging olahan tinggi lemak jenuh. Daging berlemak, seperti iga ekstra, mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dikaitkan dengan konsentrasi tinggi faktor peningkat insulin. Faktor penambah insulin merangsang produksi hormon seks yang dapat meningkatkan produksi jerawat.

Jika Anda penggemar berat daging, kami sarankan untuk memilih potongan tanpa lemak atau rendah lemak. Dada kalkun dan dada ayam adalah alternatif tanpa lemak yang baik untuk tubuh. Perhatikan juga cara memasak daging, dan hindari menggunakan minyak sebanyak mungkin.

Antibiotik

Antibiotik telah dikaitkan dengan pengurangan bakteri baik di usus, yang efektif dalam mengurangi stres anti-inflamasi dan oksidatif. Semua ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan.

makanan cepat saji

Jerawat dapat memiliki konsekuensi psikologis yang serius, terutama bagi remaja, yang tinggi kalori, lemak dan karbohidrat olahan. Makanan cepat saji seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda nasi susu Ini adalah makanan pokok dari diet barat umum dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Jika Anda ingin kulit Anda terlihat bersih dan awet muda, Anda harus menghindari makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dalam jumlah besar, seperti keripik kentang, menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk kulit. Makanan ini juga tinggi karbohidrat olahan, yang dapat menyebabkan peradangan, keriput dan penuaan dini.

Lemak trans

Meskipun rasanya sangat enak, kue sering kali mengandung lemak trans dalam jumlah besar, yang dapat berdampak buruk pada kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda terutama harus menghindari lemak trans, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol ‘jahat’ dan menurunkan kolesterol ‘baik’, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Asupan karbohidrat olahan yang berlebihan seperti gula dan kue, roti dan makanan yang dipanggang dapat merusak kolagen kulit, yang berperan dalam menjaga kulit tetap kenyal dan melawan kerutan.

Terakhir, jika Anda ingin memiliki kulit bersih bebas dari jerawat dan masalah lainnya, sebaiknya batasi atau hindari makanan tersebut sebisa mungkin.