5 Manfaat Tak Terduga Olahraga Renang

berenang

Berenang merupakan olahraga air yang cocok untuk siapa saja. Bergantung pada definisi ahli renang badruzman, berenang adalah cara manusia atau hewan menggerakkan tubuhnya di dalam air.

Tidak hanya olahraga yang populer, manfaat renang tidak bisa dipungkiri, salah satunya renang merupakan olahraga yang baik untuk penderita penyakit jantung. Tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki game lain! Yuk, ketahui semua manfaat berenang!

Manfaat Berenang

Beberapa manfaat berikut dapat diperoleh jika Anda rutin berlatih renang:

Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Saat berenang, semua otot akan bergerak dan membantu membangunnya dengan sempurna. Ini akan membantu dalam meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan. Selain itu, karena seluruh tubuh bergerak, berenang bisa menjadi olahraga yang baik jika Anda kebanyakan duduk di tempat kerja atau sekolah.

Menambah Tinggi Badan

Menurut pakar renang Casio Dijovinotto, renang merupakan olahraga yang bisa dilakukan oleh semua kalangan usia dan bahkan bayi yang baru berusia beberapa bulan diperbolehkan untuk diajari berenang.

Berenang sangat bagus untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena berenang membutuhkan gerakan seluruh tubuh, otot dan tulang. Sehingga ketika tahap perkembangan anak – anak berenang secara teratur, maka akan membantu dalam perkembangan tulang dan menambah tinggi badan mereka.

Membantu mengatasi stres dan depresi

Berbeda dengan olahraga lainnya, renang cenderung meregangkan otot sehingga otot akan lebih rileks. Ini membuat tubuh lebih rileks dan meningkat suasana hati, Hal ini juga dibantu dengan teknik pernapasan yang dibutuhkan saat berenang. Semua hal ini akan membantu dalam menyingkirkan pikiran negatif, stres dan depresi.

Baik Untuk Jantung

Berenang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah resiko penyakit jantung, Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Revista Portuguesa de Pneumologia Pada tahun 2016 dikatakan bahwa perenang memiliki paru-paru yang lebih kuat dibandingkan atlet lainnya.

Berenang dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen. Berenang juga dipercaya dapat membantu menjaga fungsi organ tubuh dan mencegah risiko stroke.

Baik untuk Paru-paru

Selain menjaga kesehatan jantung, berenang juga bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. berdasarkan studi di Jurnal Fisiologi dan Farmakologi IndiaJumlah udara yang masuk dan keluar dari paru-paru selama pernapasan santai yang dimiliki oleh perenang lebih baik daripada pelari.

Studi lain yang dilakukan oleh BJ Medical College, India Yang menyatakan bahwa berenang secara teratur dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengatur pernapasan.

Berenang baik untuk orang yang menderita asma karena membantu kondisi paru-paru dan meningkatkan pernapasan. Namun, klorin dapat meningkatkan risiko asma, jadi sebaiknya lakukan di kolam bebas klorin jika Anda ingin berenang.