6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

bau mulu saat puasa

Agar nafas tetap segar dan percaya diri sepanjang hari selama bulan Ramadhan simak cara menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini! Mungkin sulit untuk menghindari bau mulut saat berpuasa. Bau mulut disebabkan oleh kondisi mulut yang kering dan tidak berfungsi saat perut kosong serta adanya bakteri di dalam mulut.

Namun ini tidak berarti bahwa Anda harus meninggalkannya dari puncak. Jangan biarkan bau mulut mengganggu puasa Anda atau membuat Anda merasa cemas saat mengobrol dengan teman di tempat kerja atau sekolah.

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Sikat dan bersihkan mulut Anda secara teratur. Ingatlah untuk menyikat gigi setelah makan Zahur agar tidak ada sisa makanan dan bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri di dalam mulut. Benang di antara gigi Anda untuk kebersihan ekstra mungkin tidak sebersih saat menyikat. Jaga juga kebersihan lidah Anda untuk menghindari bau mulut dan bau tak sedap. Cara membersihkan lidah sebenarnya tidak sulit. Cuci bagian atas lidah dengan lembut dengan gerakan memutar. Anda juga dapat menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah untuk hasil terbaik.

2. Cuci mulut Anda ager bersih dan segar

Anda bisa berkumur dengan benar untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang ada di mulut Anda. Telah terbukti bahwa berkumur itu sendiri membantu membersihkan mulut untuk memerangi bau mulut. Sekarang setelah berpuasa pastikan Anda tidak menelan obat kumur setengah jadi agar tidak cepat patah mulut Anda juga bisa berkumur atau berkumur tetapi pastikan tidak mengandung alkohol. . Pilih juga obat kumur yang mengandung antiseptik karena dapat membersihkan mulut dan dapat mencegah bau mulut karena antiseptik membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

3. Jangan Merokok

Yang terbaik adalah menghindari atau mengurangi merokok saat berpuasa karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut. Hal ini karena merokok dapat mengeringkan rongga mulut.
Nikotin dalam rokok juga dapat menempel pada gigi yang dapat menyebabkan bau mulut yang dapat menyebabkan bau mulut. Rokok juga dapat meningkatkan risiko masalah jarum suntik sehingga dapat menyebabkan bau mulut.
Berusahalah untuk mengurangi kebiasaan merokok selama puasa agar bakteri di dalam mulut dari sisa asap rokok tidak terobati karena bau mulut.

4. Berkumur dengan Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki sifat asam yang efektif menghilangkan bau mulut. Asam cuka sari apel merangsang kelenjar ludah untuk menghasilkan air liur. Selain itu cuka sari apel mengandung enzim yang sangat baik yang menghilangkan plak dari gigi Anda dan melindungi mulut Anda dari bakteri.
Setelah menyikat gigi di malam hari atau setelah menyikat gigi setelah sahur Anda bisa berkumur dengan cuka sari apel.
Selain digunakan untuk berkumur satu sendok makan cuka sari apel dapat dicampur dengan segelas air dan diminum sebelum makan untuk melancarkan pencernaan dan mencegah bau mulut. Untuk hasil terbaik pilih cuka sari apel organik.

5. Bersihkan Lidah Pada Saat Sikat Gigi

Rajin sikat gigi tapi masih bau mulut? Anda mungkin tidak melakukan yang terbaik saat menyikat gigi. Penting juga untuk menyikat dan membersihkan lidah saat melakukan aktivitas ini. Oleh karena itu tidak hanya gigi lidah tetapi juga bau mulut.

6. Olahraga

Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa karena dapat menggerakkan tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan keluarnya racun dalam tubuh maka dapat menghilangkan bau mulut dan Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah sebelum sarapan. Tidak lama 15-20 menit. Secara khusus olahraga berlebihan dan olahraga berkepanjangan dapat menyebabkan dehidrasi tubuh berkurangnya sekresi air liur dan bau mulut.