6 Manfaat Madu Yang Dipercaya Bagus bagi Kesehatan

manfaat madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jus berbau harum yang dihasilkan oleh lebah ini meningkatkan kekuatan tubuh dan membantu menjaga kekebalan meredakan batuk dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat kesehatan dari madu berasal dari banyak khasiat nutrisinya. Selain manis gula madu mengandung vitamin A (retinol) vitamin E (tokoferol) vitamin K kompleks vitamin C flavonoid banyak bahan aktif seperti asam fenolik dan karotenoid. Bahan ini juga ditemukan dalam madu hitam dan produk lebah lainnya seperti bee pollen dan propolis.

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Madu umumnya tergolong aman dan tidak memiliki banyak efek samping. Namun madu tidak boleh diberikan kepada bayi baru lahir atau anak di bawah usia 1 tahun karena risiko botulisme.

1. Melawan radikal bebas

Fitonutrien dan multivitamin dalam madu merupakan antioksidan alami yang melawan radikal bebas berlebih di dalam tubuh. Khasiat madu sangat bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat aktivitas oksidatif.

2. Meningkatkan kekebalan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya senyawa fitonutrien yang ada dalam madu dapat meningkatkan sel-sel kekebalan dalam tubuh. Hal ini tentu mengurangi kemungkinan infeksi. Ditambah madu juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

3. Meredakan batuk

Rasa manis madu dapat merangsang produksi air liur untuk menghidrasi tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Berbagai antioksidan dalam madu juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang dapat dipicu oleh batuk. Manfaat madu sebagai penekan batuk sudah banyak dibuktikan oleh banyak penelitian. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa madu mungkin merupakan penekan batuk alami yang setara dengan penekan batuk medis yang diresepkan dokter terutama untuk orang dewasa yang menyusui dan bahkan anak-anak di atas 2 tahun.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu sangat efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Madu atau produk yang mengandung madu seperti lilin diketahui dapat membantu mengangkat jaringan mati membunuh bakteri pada luka dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka. Jenis madu yang dapat menyembuhkan luka antara lain luka diabetes akibat gigitan nyamuk penggosok. Namun perlu diingat bahwa madu yang bisa digunakan tentunya akan steril.

5. Mendukung sistem pencernaan

yang sehat Banyak penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan prebiotik sehingga mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus. Khasiat madu ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fitonutrien yang ada dalam madu dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembentukan aterosklerosis. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa madu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat serta kadar lemak darah.

Khasiat madu bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Namun penggunaan madu tidak boleh dianggap enteng karena mengandung kalori dan gula yang tinggi. Anda juga perlu memastikan bahwa madu yang Anda gunakan sudah terdaftar di BPOM RI.

Jika Anda ingin menggunakan madu untuk mengobati beberapa penyakit atau luka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanan dan efektivitas madu. Untuk kondisi Anda.