6 Manfaat Minum Air Putih Yang Wajib Kamu Tahu

air putih

Sangat sulit untuk membiasakan minum 2 liter air setiap hari dan pentingnya minum air sering diabaikan. Padahal air sangat penting bagi tubuh manusia, lho! Pada dasarnya mengandung sekitar 60-70% dari tubuh manusia dan keberadaan air dalam tubuh manusia memastikan berfungsinya semua organ tubuh. Di bawah ini adalah beberapa fungsi air tubuh.

  • Di dalam tubuh, air mengaktifkan pengangkutan mineral, protein, vitamin, dan nutrisi lain ke seluruh tubuh.
  • Air juga bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh
  • Pelumas untuk jaringan tubuh dan bantalan untuk sendi, tulang dan otot

Ketika tubuh tidak memiliki air, itu memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa efek samping umum dari dehidrasi.

  • Manajemen Dehidrasi
  • Menyebabkan sembelit
  • Infeksi saluran kemih dapat terjadi
  • Pembentukan batu ginjal
  • Masalah rambut, kulit dan kuku

Selain yang dibutuhkan tubuh, masih banyak manfaat lain dari minum air putih lho! Yuk simak apa saja manfaatnya di bawah ini!

Manfaat air minum:


Menjaga hidrasi dalam tubuh

Salah satu manfaat air putih yang diketahui adalah membantu mencegah dehidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Terkadang banyak orang yang menganggap hal ini merupakan hal yang sepele, namun jika dehidrasi tidak segera diatasi, bisa berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti gangguan fungsi ginjal, hingga menyebabkan kejang dan trauma.


Penurunan berat badan

Salah satu tips diet adalah minum banyak air, terutama sebelum makan. Ini karena mengkonsumsi air dalam jumlah besar saat makan dapat menyebabkan asupan makanan yang lebih rendah, yang membantu menjaga asupan kalori dan mengontrol berat badan, karena air dapat memiliki efek yang memuaskan. Kecuali air, Air lemon juga membantu dalam penurunan berat badan!

Minum air putih juga meningkatkan metabolisme yang membuat tubuh lebih mudah membakar lemak. Air juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh dengan memproduksi cairan yang dikeluarkan sebagai keringat, urin dan feses.


Kesehatan kulit

Mengkonsumsi air membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menghidrasi kulit dan bibir. Tidak begitu terasa, tapi sebaliknya jika tubuh kita dehidrasi, kulit bisa menjadi kering lho, penting untuk banyak mengonsumsi air putih saat merawat kulit.

Meningkatkan konsentrasi

Tahukah Anda bahwa ketika tubuh mengalami dehidrasi, hal itu memengaruhi aktivitas otak? Ketika tidak ada cairan di dalam tubuh, maka fungsi otak akan terganggu dan yang paling terlihat adalah kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan berkonsentrasi. Untuk memastikan otak dapat berfungsi secara maksimal, jangan lupa konsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak kehabisan cairan.

Pencernaan lancar

Kekurangan cairan dalam tubuh seringkali mengganggu fungsi pencernaan dan menyebabkan masalah kesehatan. Sembelit adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum yang disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan, pastikan untuk minum banyak air.

Meningkatkan energi

Selain makanan, air juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi air dalam jumlah banyak membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ini juga membantu menjaga tubuh agar tidak lemas saat beraktivitas, jadi pastikan untuk minum cukup air.