6 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Apakah Anda penggemar teh hijau? Teh populer ini juga dikenal bermanfaat bagi kulit karena diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Teh hijau atau green tea berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dikeringkan dan dibuat menjadi minuman atau pemanis.

Kaya akan antioksidan polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallate), teh hijau mengandung banyak nutrisi lain yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Jika iya, apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan? Berikut sejumlah manfaat teh hijau untuk kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Ayo masuk, lihat dan nikmati sendiri!

1. Mengatasi jerawat

Teh hijau adalah agen antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menjadi bahan yang efektif dalam mengobati jerawat Anda.

Sebuah studi tentang manfaat teh hijau untuk jerawat telah menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau, antioksidan, dapat mengurangi produksi sebum, yang menyebabkan jerawat ketika dioleskan langsung ke kulit. Selain itu, polifenol bertindak sebagai agen antibakteri, merusak membran bakteri penyebab jerawat.

Di sisi lain, kandungan EGCG teh hijau membantu menghilangkan jerawat dan mencegah pertumbuhan bakteri jerawat. Manfaat teh hijau untuk kecantikan bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikannya sebagai masker atau mengonsumsinya secara langsung.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat kecantikan selanjutnya dari teh hijau adalah melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Sebagai antioksidan, teh hijau melindungi sel-sel kulit dari paparan radikal bebas dan polusi.

Teh hijau mengandung enam jenis polifenol dan katekin yang berbeda, yang terbesar adalah EGCG dan EKG. Menurut sebuah studi 2010, kekuatan antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.

Karena itu, selain melindungi kulit dari sinar UV, teh hijau juga mengurangi risiko kanker kulit. Namun, untuk perlindungan terbaik dari sinar UV, Anda tetap harus mempertimbangkan untuk menggunakan tabir surya di setiap aktivitas.

Gunakan tabir surya ringan yang tidak menyumbat pori-pori, seperti Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++ (Rp56.682), cocok untuk semua jenis kulit.

3. Pencegahan penuaan

Meregenerasi sel kulit, Anda bisa menggunakan teh hijau untuk mencegah penuaan kulit. EGCG dalam teh hijau memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mencegah sel-sel sehat agar tidak mudah rusak, yang pada akhirnya membuat kulit Anda tampak muda dan kenyal.

Selain EGCG, vitamin B2 dalam teh hijau juga dikaitkan dengan penampilan kulit muda. Vitamin B2 memiliki kemampuan untuk meningkatkan dan mengontrol produksi kolagen, sehingga meningkatkan elastisitas kulit Anda. Anda bisa mendapatkan khasiat tersebut dengan mengoleskannya langsung ke kulit atau meminum teh hijau.

4. Melembabkan kulit

Tidak hanya masker teh hijau, manfaat minum teh hijau sebelum tidur untuk kecantikan juga selalu bisa didapatkan dengan kulit yang lembap. Teh hijau mengandung sejumlah vitamin kulit, termasuk vitamin E, yang dikenal dapat menyehatkan dan melembabkan kulit Anda. Selain melembabkan, Vitamin E juga membantu menenangkan warna kulit dan mengurangi pigmentasi seperti bekas jerawat dan flek hitam akibat minyak berlebih dan paparan sinar UV.

5. Mengurangi kemerahan, iritasi dan pembengkakan

Berkat sifat anti-inflamasinya, teh hijau membantu menenangkan iritasi, kemerahan, dan pembengkakan. Menerapkan teh hijau pada kulit Anda dapat menenangkan luka kecil dan luka bakar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat menjadi obat yang efektif untuk banyak penyakit kulit. Salah satunya adalah untuk meredakan iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit kulit, dermatitis, rosacea dan keloid.

Anda mengalami mata bengkak karena kurang tidur? Kamu bisa mengobati mata bengkak dengan teh hijau lho. Kafein dan tanin dalam teh hijau membantu mempersempit pembuluh darah di sekitar mata, menjadikannya produk perawatan kulit yang sangat baik untuk mata bengkak dan lingkaran hitam.

6. Menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit

Manfaat utama teh hijau untuk kecantikan adalah menghaluskan dan meningkatkan tekstur kulit. Selain vitamin B2 dan vitamin E, teh hijau juga mengandung vitamin A, yang juga dikenal sebagai retinol, yang dapat membantu dua lapisan kulit bagian atas terlihat lebih baik.