8 Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

kantung mata

ada dasarnya kantung mata bisa muncul karena penumpukan cairan akibat melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot-otot yang menopang alis. Kantung mata bisa terjadi pada anak-anak, remaja, dewasa, dll. Ini adalah hal yang biasa terjadi seiring bertambahnya usia.

Meski terlihat biasa saja, kantung mata bisa membuat kita terlihat lebih tua dan menurunkan kepercayaan diri. Apa penyebab kantung mata? Yuk cari tahu di bawah ini!

Penyebab kantung mata

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan tubuh lainnya mulai melemah, salah satunya adalah otot yang menopang alis. Karena melemahnya jaringan tubuh, cairan di sekitar mata bergerak dan menumpuk di kelopak mata dan menggelapkan area di bawah mata.

Alergi

Ini tidak selalu terjadi, tetapi satu reaksi alergi dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada area di bawah mata. Hal ini karena ketika terjadi reaksi alergi, dapat terjadi iritasi, peradangan, kemerahan dan pembengkakan hingga muncul air dan kantung mata. Munculnya kantung mata biasanya disertai dengan lingkaran hitam di bawah mata. Selain kantung mata, Alergi juga bisa menyebabkan gatal pada mata kanan bawah!

Kurang tidur

Saat Anda tidak tidur, kulit pucat di bawah mata menjadi gelap, yang membuat pembuluh darah gelap lebih terlihat. Selain membuat pembuluh darah lebih terlihat, kurang tidur menyebabkan area mata membengkak, menyebabkan cairan menumpuk, hingga terbentuk kantung mata.

Makan informal

Kebiasaan makan yang tidak teratur dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan kekurangan asupan protein dan cairan, yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh serta area di bawah mata.

Manajemen Stres

Saat stres, jaringan tubuh dan kulit melemah, menyebabkan hormon kortisol meningkat secara spontan. Peningkatan volume darah tubuh akibat peningkatan hormon kortisol dapat menyebabkan kantung mata dan pembuluh darah perlu melebar untuk beradaptasi dengan peningkatan aliran darah, termasuk di bawah mata.

Manajemen Dehidrasi

Kekurangan cairan tubuh menggelapkan dasar mata dan menggelapkan pembuluh darah di mata. Namun bukan hanya bagian bawah mata saja yang terlihat gelap. Selain area gelap di bawah mata, area mata yang merupakan bagian tertipis dari kulit dari awal dan paling dekat dengan tulang, lebih terlihat karena lekukan pada tulang sehingga menyebabkan bagian bawah mata menjadi tenggelam lebih jauh.

Faktor keturunan

Kantung mata adalah penyebab genetik yang tidak dapat dihindari. Faktor genetik biasanya pigmentasi gelap, yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

Terkena sinar matahari

Selain faktor genetik, sinar matahari merupakan faktor lain yang bisa menyebabkan pigmentasi di bawah mata. Jika kita terus terkena sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan Tabir suryaHal ini dapat menyebabkan peningkatan produksi melanin di kulit.

Jangan khawatir, kantung mata pasti bisa menang dengan perawatan yang tepat! Yuk, cari tahu cara merawat kantung mata!

Berikut cara mengatasi kantung mata:

Kompresi dingin

Cara paling mudah untuk mengobati kantung mata adalah dengan mengompres mata menggunakan kompres dingin. Kompres dingin dapat dilakukan secara cepat dengan merendam kain bersih dalam air dingin atau menghiasnya dengan es menggunakan kain bersih. Setelah memberikan kompres dingin, akan lebih mudah untuk masuk ke posisi tidur atau mengangkat kepala agar kompresi tidak jatuh. Letakkan kompres dingin pada mata dan biarkan selama 10-15 menit.

Kompres kantong teh

Kantong teh basah dapat membantu mengatasi beberapa masalah mata. Namun, penggunaan teh hijau atau teh hitam dianjurkan untuk pengobatan kantung mata karena mengandung antioksidan yang dapat mencegah mata bengkak dan mengandung kafein yang membantu membuka pembuluh darah di area mata untuk menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata.

Menjaga kelembapan kulit

Iritasi dan alergi dapat menyebabkan pembengkakan pada mata, sehingga menjaga kelembapan kulit terutama pada mata dapat mencegah terjadinya iritasi atau alergi.

Kurangi konsumsi garam

Apakah wajah Anda terasa bengkak setelah makan mie instan di malam hari? Ini karena kandungan natrium yang tinggi pada mie instan. Natrium, garam, dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh, yang menyebabkan pembengkakan mata dan kantung mata.

Demikian penjelasan mengenai penyebab kantung mata dan cara mengatasinya.