9 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Manfaat Air Mawar untuk Wajah


Tahukah Anda bahwa bunga mawar juga dapat digunakan untuk kecantikan? Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari air mawar atau air mawar yang diperoleh dengan menyaring kelopak bunga mawar. Air mawar termasuk sebagai bahan utama dalam berbagai produk perawatan kulit dan kecantikan.

Air mawar yang kaya akan antioksidan memiliki banyak khasiat yang bisa digunakan untuk mendapatkan kulit yang ideal. Lalu apa saja manfaat air mawar? Mulai dari melembabkan kulit hingga menyembunyikan pori-pori, yuk simak 10 manfaat air mawar untuk kecantikan yang telah dirangkum berikut ini!

1. Baik untuk kulit yang teriritasi

Pertama, air mawar sangat efektif meredakan gejala kulit yang teriritasi. Air mawar adalah zat anti-inflamasi yang kuat, sehingga dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang teriritasi seperti eksim dan rosacea.

Selain itu, penggunaan sabun pada wajah juga dapat mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dengan air mawar. Air mawar memiliki pH sedang 5,5, yang membantu menormalkan pH kulit.

2. Mengurangi kemerahan

Berkat sifat anti-inflamasinya, Anda dapat mengurangi kemerahan pada kulit Anda dengan air mawar. Air mawar, yang telah digunakan selama ribuan tahun, menenangkan dan menghidrasi kulit Anda untuk menenangkan kulit yang memerah.

Air mawar juga dapat digunakan sebagai toner alami untuk membantu menghilangkan kotoran dan riasan pada wajah. Dengan demikian, kulit menjadi bersih dan segar serta mencegah masalah kulit seperti komedo.

3. Membantu mencegah infeksi jerawat

Air mawar dari Healthline memiliki sifat antiseptik yang kuat dan dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi, termasuk jerawat.

4. Kaya akan antioksidan

Ingin kulit yang kuat dan sehat? Air mawar bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang Anda inginkan. Kelopak mawar kaya akan antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan kulit, menunda penuaan, dan memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda.

Garis halus yang muncul juga bisa disamarkan untuk sementara waktu, sebenarnya perlu digunakan secara rutin untuk merasakan manfaatnya di sini.

5. Membantu menyembuhkan luka

Manfaat air mawar selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Karena sifat antiseptik dan antibakteri air mawar, air mawar membantu penyembuhan luka dengan cepat dengan melawan infeksi pada luka dan luka bakar.

6. Melembabkan kulit Anda

Sebagai pelembab wajah alami, air mawar memberikan kesegaran dan kelembapan pada kulit, sehingga mencegah kulit kering. Anda dapat menggunakan air mawar sebagai toner atau sebagai pembersih wajah, membuat kulit Anda terasa terhidrasi dan segar.

7. Menutupi lubang besar

Apakah Anda memiliki lubang besar? Gunakan air mawar secara teratur untuk mendapatkan efek pori-pori kecil. Menurut Dr. Ava Chamben, Byrdi, “Air mawar membantu mengontrol produksi lendir berlebih dan berfungsi ganda sebagai pembersih yang memperbaiki tampilan pori-pori.”

8. Mengurangi mata bengkak

Selain untuk kecantikan kulit di wajah, air mawar bisa digunakan untuk mengobati sejumlah masalah mata. Ini karena sifat anti-inflamasi dan bakterisida air mawar. Anda bisa menggunakan air mawar sebagai kompres mata untuk mengurangi pembengkakan mata akibat iritabilitas, insomnia dan konjungtivitis.

9. Meningkatkan kinerja perawatan kulit

Untuk hasil perawatan kulit yang maksimal, Anda mungkin ingin memasukkan air mawar ke dalam rencana perawatan kulit Anda. Air mawar membantu meningkatkan efektivitas perawatan kulit dengan membawa kandungannya jauh ke dalam lapisan kulit sekaligus memberikan efek menenangkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Bagaimana cara menggunakan air mawar dengan benar?

Air mawar murni dapat digunakan sebagai toner alami untuk campuran masker wajah. Anda bisa mencampurkan air mawar, madu dan oat sebagai masker alami untuk mendapatkan efek bercahaya pada wajah Anda.

Beberapa tahun belakangan ini muncul teknik baru perawatan kulit glowing yaitu penggunaan air mawar dengan baby oil yang konon bisa mendapatkan kulit glowing seperti artis Korea. Meskipun masih belum ada bukti klinis yang kuat, taktik ini telah digunakan oleh banyak orang.

Cara ini sangat mudah, yaitu mencampurkan air mawar dengan baby oil dengan perbandingan 1:1. Kemudian, aduk hingga rata. Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai toner semprot, atau mengaplikasikannya langsung pada wajah Anda. Manfaat air mawar dan baby oil antara lain kulit bercahaya, melembapkan dan kenyal.

Namun, tentu saja campuran ini bisa menimbulkan efek samping seperti alergi. Karena itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan campuran air mawar ini, Jovians.