9 Manfaat Buah Pisang yang Sangat Efektif untuk Kesehatan

pisang

Pisang adalah buah yang banyak dikonsumsi orang setiap hari. Berikut manfaat pisang untuk kesehatan.

Pisang adalah salah satu buah musiman yang paling mudah ditemukan.

Buah yang rasanya manis ini sering dijadikan sebagai camilan, sebagai campuran untuk membuat roti atau kue, dan sebagai pelengkap bubur yang sehat.

Di balik rasa buah yang berwarna hijau saat matang dan berwarna kuning saat matang, pisang mengandung sejumlah nutrisi yang meningkatkan kesehatan.

Melansir live science, pisang mengandung vitamin C, B6, mineral magnesium dan potasium atau potasium. Selain itu, pisang kaya akan antioksidan, tembaga, mangan, dan nutrisi lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari pisang yang kaya akan nutrisi:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kalium atau potasium yang terkandung dalam pisang membantu menjaga kesehatan jantung.

Jantung berdetak karena elektrolit ini menyebabkan listrik mengalir ke seluruh tubuh.

Asupan natrium yang rendah, seperti kalium dan pisang yang tinggi, juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Pada tahun 2017, tes laboratorium yang dilakukan oleh para peneliti di University of Alabama di Amerika Serikat menemukan bahwa potasium dalam pisang dapat mencegah aterosklerosis.

Dapat menyebabkan penyakit jantung koroner yang parah atau parah pada manusia.

2. Membantu menghilangkan depresi

Pisang juga dapat membantu mengatasi depresi. Triptofan dalam pisang dapat diubah menjadi serotonin oleh tubuh.

Zat ini penting untuk meningkatkan mood. Triptofan juga dikenal untuk mengobati insomnia.

Seperti yang Anda ketahui, insomnia dapat memperburuk depresi. Selain itu, vitamin B6 dalam pisang membantu Anda tidur lebih nyenyak dan magnesium membantu meredakan ketegangan otot.

3. Membantu menurunkan berat badan

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak digunakan untuk menjaga berat badan yang sempurna. Rasanya yang manis dan kepuasan yang tahan lama membuatnya tahan terhadap jajanan yang tidak sehat.

Buah ini juga kaya serat yang membantu menjaga pergerakan usus halus dan teratur.

Makan pisang dapat memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Vitamin B6 juga membantu dalam penurunan berat badan.

4. Menjaga kadar gula darah

Diluncurkan oleh Healthline, pisang kaya akan pektin, serat seperti spons yang berdaging.

Pisang mentah juga mengandung pati anti-inflamasi, yang bertindak seperti serat encer dan baik untuk pencernaan dan kontrol gula darah.

Makan pektin dan anti-pati dapat membantu mencegah gula darah tinggi. Pisang juga dapat mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

Selain itu, pisang memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya pisang tidak menyebabkan gula darah tinggi pada orang sehat.

Namun, hati-hati dengan penderita diabetes tipe 2. Pisang yang matang memiliki kandungan gula yang sedikit lebih tinggi.

5. Kembalikan energi yang bocor

Pisang telah terbukti dapat mengisi kembali energi dan elektrolit setelah aktivitas fisik yang berat.

Menurut hasil penelitian pada atlet, buah ini dikatakan lebih efektif daripada minuman energi dalam mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga.
Menurut para ahli, serotonin dan dopamin dalam pisang meningkatkan kapasitas antioksidan, melawan stres oksidatif, dan meningkatkan aktivitas fisik.

6. Menjaga kesehatan mata

Selama ini wortel memiliki reputasi membantu menjaga kesehatan mata. Namun ternyata pisang juga memiliki manfaat yang serupa.

Vitamin A dalam wortel melindungi kesehatan mata Vitamin A adalah senyawa yang melindungi selaput di sekitar mata dan merupakan protein yang dapat membawa cahaya ke kornea mata.

Seperti buah-buahan lainnya, pisang membantu mencegah kehilangan penglihatan akibat penuaan.

7. Membantu menjaga tulang tetap kuat

Kalsium dalam pisang membantu menjaga tulang tetap kuat.
Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiology and Biochemistry, pisang mengandung fruktoligosakarida dalam jumlah besar.

Ini adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang mempromosikan probiotik dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

8. Pencegahan kanker ginjal

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara teratur dapat membantu mencegah kanker ginjal. Sebuah studi tahun 2005 di Swedia menemukan bahwa wanita yang makan empat atau enam pisang seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker ginjal.

Pisang dapat mencegah kanker ginjal karena kandungan senyawa fenolik antioksidannya yang tinggi.

9. Menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil Membantu mencegah penyakit diabetes saat hamil (diabetes gestasional).

Kurang tidur selama kehamilan dapat menyebabkan diabetes gestasional. Magnesium dan triptofan dalam pisang membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti pisang, juga dapat membantu ibu hamil dengan anak laki-laki.