Alasan Susah Tidur dan 7 Cara Agar Tidur Lebih Cepat

tidur

Semakin tua usia Anda, semakin sedikit waktu yang Anda miliki untuk tidur dan semakin sulit untuk tertidur dengan cepat. Penyebab seseorang susah tidur ternyata bukan hanya insomnia, begadang untuk menonton film, bermain game, mengobrol dengan teman atau bermain media sosial lho! Yuk, telusuri penyebab susah tidur cepat dan cari tahu cara cepat tidur di sini!

Semakin tua Anda, semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan. Hal ini dikarenakan pada dasarnya setiap kelompok umur memiliki kebutuhan tidur yang berbeda dimana bayi tidur lebih banyak dari bayi Anak laki-laki Dan orang dewasa tidur kurang dari kelompok usia lainnya:

  • Bayi atau balita: 16-18 jam
  • Anak-anak prasekolah: 11-12 jam
  • Sekolah Dasar: 10 jam
  • Remaja: 9-10 jam
  • Dewasa dan Lansia: 7-8 jam

Bukan berarti semakin tua usia Anda, semakin sedikit kebutuhan tidur Anda, orang dewasa juga membutuhkan tidur yang maksimal dan berkualitas. Namun, menurut obat tidur Pada Maret 2017, 40 hingga 70 persen orang dewasa mengalami kesulitan tidur. apa masalahnya? Ayo cari tahu di bawah ini!

Ada Beberapa Masalah

Karena sakit, seseorang mungkin mengalami kesulitan tidur. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan insomnia adalah mulas, radang sendi, gagal jantung dan penyakit paru-paru, menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM).

Berkeringat di malam hari dan sulit tidur adalah hal yang normal bagi wanita yang memasuki masa menopause.

Michael Bruce, seorang spesialis tidur, mengatakan bahwa semakin tua Anda, semakin banyak komplikasi medis yang Anda alami. Salah satunya adalah kondisi kesehatan yang meningkat seiring bertambahnya usia. Contoh penyakit yang dapat terjadi adalah efek pada tulang dan tulang yang dapat menimbulkan nyeri, seperti osteoporosis dan osteoarthritis.

Perubahan Ritme Sirkadian 

Tubuh memiliki ritmenya sendiri yang mengatur segalanya mulai dari kebiasaan bangun Anda hingga suhu tubuh Anda. Namanya ritme sirkadian. Ritme sirkadian yang mengontrol siklus tidur-bangun juga bisa berubah seiring bertambahnya usia, sehingga seiring bertambahnya usia, sulit tidur juga bisa disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian.

leLebih Sering Buang Air Kecil

Pergi ke toilet di malam hari pasti mengganggu tidur, apalagi jika Anda sering melakukannya. Banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering. Seiring bertambahnya usia, prostat dapat bertambah besar dan buang air kecil di malam hari menjadi lebih sering.

Sering buang air kecil juga bisa disebabkan oleh efek penggunaan obat-obatan, seperti penggunaan diuretik untuk tekanan darah.

Pentingnya Tidur

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah sitokin yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh saat tidur.

Tubuh membutuhkan sistem kekebalan untuk melawan peradangan dan infeksi, dan kurang tidur menyebabkan kekurangan sitokin, yang memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan, sehingga tidak dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Selain kekurangan sitokin, kurang tidur juga menyebabkan peningkatan senyawa inflamasi dalam tubuh.

Mengelola Rasa Lapar

Kurang tidur dapat memicu rasa lapar dan menyebabkan penambahan berat badan. Itu karena ketika Anda tidak tidur, kadar leptin, yang membuat rasa kenyang, turun dan menyebabkan rasa lapar. Ini akan mendorong tubuh untuk memenuhi kebutuhan energinya yang akan membuat Anda makan lebih banyak. Namun, jika Anda tidur dengan benar, ada sedikit gerakan tubuh saat tidur, yang mengurangi kebutuhan energi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurang tidur bisa berbahaya bagi kesehatan jantung karena ketika Anda tidak beristirahat, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Hal ini akan mendorong jantung untuk bekerja lebih keras, sehingga tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan jantung.

Nah, tahukah Anda tentang bahaya sulit tidur dan manfaat tidur nyenyak? Mari kita mulai mendapatkan tidur yang maksimal untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur lebih cepat:

Tips Agar Tidur Awal

  • Membiasakan diri bisa menjadi cara untuk cepat tertidur. Berikut beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan:
  • Buat jadwal tidur yang konsisten. Seperti yang diketahui, tubuh memiliki sistem sirkadian, sehingga jika terbiasa tidur lebih awal akan lebih mudah tertidur dan akan sulit untuk bangun larut malam.
  • Membatasi aktivitas yang dapat menyebabkan kebiasaan begadang, seperti menonton film, bermain game, atau menggunakan ponsel.
  • Kurangi waktu tidur siang agar Anda tidak tidur terlalu lama.
  • Berolahraga secara teratur juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak,
  • Buat rutinitas sebelum tidur, seperti mandi, cuci muka, gosok gigi, 30 menit sebelum tidur, atur ruangan sesuai selera.

Ordinir Ruangan

Menyesuaikan ruangan dengan selera sebelum tidur bisa menjadi rutinitas yang membantu mendapatkan tidur yang nyenyak karena membantu menjadi lebih nyaman dan memberi lebih banyak istirahat pada tubuh. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menata ruangan:

Suhu Kamar

Menurunkan suhu ruangan sebelum tidur dapat membantu tubuh Anda lebih banyak beristirahat sehingga Anda dapat tertidur lebih cepat. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami perubahan suhu saat ingin istirahat dan produksi energi panas menurun sehingga suhu tubuh turun saat tidur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, suhu kamar terbaik untuk tidur adalah 18-22 Celcius. Namun, tentu saja suhunya bisa disesuaikan dengan selera pribadi.

Lampu

Salah satu hal yang mempengaruhi ritme sirkadian adalah cahaya. Hormon melatonin, yang mengontrol pola tidur, dapat dipicu oleh cahaya alami dan buatan. Tubuh membutuhkan cahaya untuk mengetahui kapan waktu bangun dan waktu tidur, jadi pastikan ada cahaya di pagi atau siang hari dan gelap di malam hari.

Istirahat di Tempat Tidur

Kenyamanan alat tidur, baik itu bantal, selimut, sprei atau tempat tidur, dapat mempengaruhi kualitas tidur. Pastikan menggunakan alas tidur sesuai selera, seperti menggunakan selimut tebal, bantal empuk, untuk memastikan kebersihan kasur.

Teknik Tidur Cepat

4-7-8

4-7-8 adalah teknik pernapasan yang dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil, profesor di Universitas Arizona. Teknik 4-7-8 ini diciptakan berdasarkan komponen inti yoga ‘Pranayama’ yang juga merupakan teknik untuk mengontrol nafas. Teknik 4-7-8 dapat dilakukan dengan cara menarik napas selama 4 detik, menahan selama 7 detik, dan membuang napas selama 8 detik.

Metode Militer

  • Pastikan semua otot wajah rileks, termasuk otot mulut
  • Turunkan bahu Anda dan letakkan tangan Anda dengan nyaman di samping tubuh Anda
  • menghembuskan
  • Istirahat paha dan betis
  • Kosongkan pikiran Anda dengan membayangkan lingkungan yang santai selama 10 detik.

Nah, karena Anda sudah tahu cara tidur lebih awal, pastikan untuk tidur secara teratur agar tubuh tetap sehat.