Bahaya Terlalu Banyak Protein untuk Menurunkan Berat Badan

Bahaya Terlalu Banyak Protein untuk Menurunkan Berat Badan

Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat adalah metode yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk menurunkan berat badan. Asupan protein juga dapat membantu pembentukan otot saat berolahraga.

Atlet juga mengandalkan makanan kaya protein sebagai penyimpanan energi yang lebih sehat daripada karbohidrat. Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi protein juga dapat mempengaruhi tubuh.

Protein sangat penting dalam diet terutama bagi mereka yang berolahraga secara teratur. Protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh yang membuat perut kenyang.

Namun dengan adanya kecenderungan peningkatan jumlah protein dari makanan atau suplemen alami seperti protein shake atau macro bird protein bar yang dianggap sehat bagi tubuh hal ini dapat berdampak negatif. Menurut Ahli gizi dr. Frederick Amati PhD seseorang bisa saja makan banyak protein.

Tubuh kita pandai menjaga homeostasis protein tetapi terlalu banyak protein dapat mengganggu keseimbangan yang rapuh ini.

Atlet yang berlatih dalam jangka waktu lama dan memiliki intensitas tinggi umumnya disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak protein. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan nutrisi tersebut agar cepat pulih setelah berolahraga.

Ahli gizi olahraga Michael Knellor mengatakan protein sangat membantu dalam memulihkan otot-otot tubuh setelah berolahraga.

Namun sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2 gram protein per kilogram berat badan jika Anda tidak melakukan aktivitas berat setiap hari. Makan terlalu banyak protein dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Dr Frederica menjelaskan bahwa ginjal kita bekerja keras untuk menjaga keseimbangan nitrogen tinggi yang berasal dari protein dan hati kita menyaring urea sebagai hasil metabolisme protein. Keseimbangan. Akibatnya risiko penyakit seperti batu ginjal meningkat. Ini juga mengganggu pencernaan dan pembuluh darah.

Dia menambahkan bahwa tubuh bayi dan ibu hamil sebenarnya membutuhkan lebih banyak protein saat mereka membangun jaringan baru.

Baca Juga : 5 Penyebab Anak Susah Tidur

Orang dewasa dengan aktivitas teratur membutuhkan 1 gram protein per hari. Kg berat badan. Jika Anda berlatih olahraga sedang disarankan untuk menambahkan 13 gram protein dan untuk olahraga berat – 16 gram. Tapi jangan sampai lebih dari 2 gram. Berat badan Kilogram katanya.

Misalnya jika seseorang memiliki berat badan 70 kilogram ia membutuhkan 70 gram protein. Jumlah ini setara dengan 100 gram dada ayam ditambah beberapa butir telur atau 200 gram fillet steak. Oleh karena itu jika berat badan seseorang kurang dari 70 kg asupan proteinnya mungkin kurang dari itu. Fokus tidak hanya pada protein tetapi juga pada nutrisi penting lainnya seperti karbohidrat lemak serat vitamin dan mineral. Ingat makan berlebihan tidak pernah baik. Jadi makanlah makanan sehari-hari sesuai dengan selera atau kebutuhan tubuh.