Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Selain menyebabkan rasa sakit dan mengganggu harga diri, seringkali jerawat yang meradang juga sulit dihilangkan. Lantas, adakah cara mengatasi jerawat meradang yang efektif dan mudah dilakukan sendiri? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Mengatasi Jerawat Radang?

Untuk seseorang dengan jerawat yang lebih sedikit, Cara Mengatasi Jerawat Radang Anda bisa menggunakan obat bebas di apotek. Beberapa bahan aktif yang paling umum digunakan untuk pengobatan jerawat adalah: Benzoil peroksida (Benzoil peroksida) dan Asam salisilat (Asam salisilat).

Namun, cara ini tidak terlalu efektif untuk mengatasi peradangan jerawat yang parah. Ketika ini dialami, perawatan lebih difokuskan pada pengurangan kemarahan dan peradangan serta mencegah jaringan parut dan efek emosionalnya.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Maag

Perawatan medis

Pengobatan jerawat radang sebaiknya dilakukan oleh dokter kulit, karena pengobatannya harus disesuaikan dengan jenis jerawat yang muncul. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, krim, gel atau losion untuk menghilangkan bakteri dan mengurangi peradangan.

Jika jerawat Anda disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, dokter Anda mungkin akan meresepkan penstabil hormon. Untuk jerawat parah, isotretinoin atau terapi laser dapat diresepkan. Untuk jerawat kistik, diobati dengan suntikan kortison untuk menghilangkan rasa sakit.

Perawatan rumah

Jerawat ringan non-inflamasi dapat diobati dengan bahan-bahan alami. Pengobatan dengan bahan-bahan alami juga dapat dikombinasikan dengan obat-obatan yang diresepkan, jika dokter mengizinkan. Beberapa perawatan alami yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

Mengoleskan madu, lemon, dan minyak zaitun pada jerawat dapat membantu melawan peradangan.

Minyak pohon teh Dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, jika ada tanda-tanda alergi seperti kemerahan dan gatal-gatal pada kulit, hentikan pemakaiannya.

Es dapat dioleskan pada jerawat yang ditutup dengan kain bersih untuk mengurangi kemerahan akibat pembengkakan, nyeri, dan peradangan. Penggunaan maksimal adalah 15 menit.

Suplemen Seng Membantu mengatasi jerawat, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Mengidentifikasi gejala peradangan jerawat

Kamu harus tahu, jInfeksi pipi terjadi di lapisan kulit yang lebih dalam daripada jerawat biasa. Rasa sakit dan jaringan parut yang tersisa juga bisa parah. Kondisi ini bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa dan tidak selalu di wajah, bisa di leher, dada atau punggung.

Jerawat dapat memiliki banyak penyebab, termasuk:

1. Papula

Papula adalah jerawat tebal yang muncul di bawah permukaan kulit. Warnanya merah dan tidak memiliki bintik putih di mata atau di tengah. Mereka bervariasi dalam ukuran dan biasanya menyebabkan rasa sakit.

2. Puspul

Jerawat dengan bintik-bintik bengkak, merah, putih. Tongkat memiliki nanah dan tidak boleh diperas. Jerawat dapat memiliki konsekuensi psikologis yang serius, terutama bagi remaja.

3. Benjolan

Tumor adalah tumor yang tumbuh di bawah kulit atau di jaringan kulit terdalam. Jerawat ini menyakitkan dan tidak memiliki mata dan berwarna merah karena peradangan. Selain kulit, benjolan bisa berkembang di bagian tubuh lainnya.

4. Kista

Seperti nodul, tumor tumbuh di bawah kulit atau di organ. Tumor tidak memiliki mata di tengah tetapi lebih merah dari jenis jerawat inflamasi lainnya.

Kista biasanya lunak dan nyeri saat disentuh. Dibandingkan dengan jerawat, kista terlihat seperti tumor.

Dalam kasus sedang, seringkali sulit untuk membedakan antara jerawat inflamasi dan jerawat biasa. Namun setidaknya fitur berikut ini bisa menjadi penanda.