Gangguan Baby Blues Setelah Melahirkan

baby blues

Apa itu baby blues?

Baby Blues Syndrome atau Baby Blues Syndrome merupakan mood swing pasca melahirkan yang bisa membuat ibu cemas dan mudah disalahgunakan. Sindrom blues juga dikenal sebagai postpartum blues biasanya dialami oleh sekitar 80 persen atau 4-5 ibu muda. Ibu peduli dengan kesehatan anaknya dan ibu menyusui takut.

Apa saja gejala baby blues?

Baby Blues Syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kecemasan yang terasa sedih dan lelah selama beberapa hari setelah melahirkan. Sindrom ini terutama dirasakan oleh para ibu setelah melahirkan anak pertama mereka. Ini adalah kasus yang sangat umum.

Gejala blues biasanya lebih sedikit daripada gejala depresi pascamelahirkan. Ibu yang mengalami kram bayi biasanya memiliki gejala utama seperti mood rendah susah tidur mudah menangis dan gelisah.

  • mengalami perubahan suasana hati yang cepat
  • merasa cemas dan kewalahan mengurus bayi
  • merasa murung dan rewel
  • merasa sedih dan banyak menangis
  • susah tidur (insomnia)
  • mengalami penurunan nafsu makan
  • tidak sabar, gelisah, dan mudah marah
  • sulit berkonsentrasi

Penyebab baby blues?

Penyebab pasti dari baby blues tidak diketahui. Namun sindrom ini diduga terkait dengan perubahan hormonal pada masa kanak-kanak seperti persalinan pervaginam atau operasi caesar. Tubuh mengalami banyak penyesuaian. Ini karena stres. Anda memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak Anda.

Fakta tentang peran baru Anda sebagai orang tua mungkin tidak menarik perhatian Anda sampai Anda meninggalkan rumah sakit dan mulai menjadi ibu tiri. Peran baru ibu ini stress bisa berujung sakit. Kondisi ini juga disebabkan oleh perubahan fisik pada rutinitas harian ibu hamil seperti kelelahan dan kurang tidur.

Bisakah baby blues terjadi sebelum melahirkan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya Baby Blues Syndrome adalah gangguan mood yang menyerang wanita setelah melahirkan. Meskipun biasanya terjadi setelah melahirkan tidak semua wanita mengalaminya pada saat yang bersamaan.

Dengan depresi prenatal atau depresi prenatal. Jika ini terjadi sebelum kelahiran sindrom ini lebih mungkin terjadi pada wanita yang hamil pertama kali. Kehamilan pertama ini dapat menimbulkan perasaan ketakutan dan kecemasan yang besar terkait dengan kerja keras. Prosesnya akan dihentikan nanti.

Lama baby blues berlangsung

Jangan khawatir jika Anda sedang berjuang melawan sindrom ini. Baby Blues bukanlah penyakit dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam atau hari. Ini bisa terjadi 2-3 hari setelah lahir.

American Pregnancy Association Gejala sindrom ini berlangsung selama beberapa menit atau jam setiap hari.

Kecemasan pascapersalinan Depresi pascapersalinan berlangsung dari minggu ke bulan dan jika tidak ditangani dapat mengganggu aktivitas ibu.

Kondisi ini biasanya hilang dalam beberapa hari tanpa perlu mengunjungi dokter. Istirahat yang cukup dan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda Anda dapat mengalami depresi pascapersalinan jika Anda menjadi cemas setelah melahirkan. Konsultasikan dengan dokter Anda segera jika Anda merasa memiliki masalah ini.