Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

lari pagi

Lari atau lompat merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat melakukan aktivitas ini di pagi hari? Salah satu manfaat lari pagi adalah meningkatkan metabolisme dan membakar kalori dalam tubuh.

Lari pagi adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh tim yang berbeda. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari lari pagi, tentunya harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Tidak butuh waktu lama untuk membuat game ini. Anda harus menyisihkan hanya 50 menit seminggu atau 30 menit sehari untuk lari pagi.

Manfaat lari pagi bagi tubuh

Berlari di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk tubuh yang bisa Anda rasakan dengan baik. Bagaimana tidak, berikut ulasannya.

Untuk menurunkan berat badan

Orang lari pagi untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Pasalnya, manfaat lari pagi yang paling banyak dirasakan orang adalah bisa menurunkan berat badan secara maksimal. Namun, untuk mencapai hasil tersebut, Anda dapat melakukan latihan lari dengan intensitas sedang hingga tinggi seperti lari dan lari cepat.

Jika Anda memilih latihan lari di atas, tentunya Anda bisa membakar kalori lebih efektif, terus membakar hingga 48 jam setelah Anda selesai berlari.

Meningkatkan daya tahan

Berlari di pagi hari dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan olahraga ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, menghilangkan rasa lelah dan lain sebagainya. Olahraga ini dapat mengurangi beberapa penyakit serius seperti infeksi saluran pernapasan atas dan diabetes.

Pencegahan stres

Tidak hanya tubuh, tetapi manfaat lari pagi tampaknya dapat menghilangkan stres, karena latihan ini dapat meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari kerusakan. Selain itu, lari pagi sebagai salah satu respon tubuh untuk mengalami stres juga dapat menurunkan kadar kortisol.

Perkuat lutut

Anda mungkin tidak merasakan manfaat ini sekarang, tetapi seiring bertambahnya usia, Anda mungkin benar-benar merasakan manfaat ini. Hal ini karena salah satu masalah yang paling umum di usia tua adalah osteoporosis dan persendian menjadi kurang fleksibel. Namun, jika Anda melakukan jogging pagi secara teratur sesegera mungkin, Anda tidak akan merasakan masalah tersebut. Hal ini karena lari pagi memiliki manfaat untuk memperkuat sendi lutut dan mencegah pengeroposan tulang.

Pencegahan penyakit jantung

Lari merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Apalagi jika dilakukan di pagi hari, lari pagi bisa memompa darah lebih cepat ke jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Apalagi jika lari pagi ini dilakukan secara rutin dan terus menerus maka kadar glukosa darah juga bisa terkontrol.

Mencegah penuaan dini

Ternyata, ada manfaat lari pagi untuk kecantikan, Kamu tahu. Anda dapat mencegah penuaan dini. Salah satu ciri penuaan adalah kerutan di wajah. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini bisa diatasi jika Anda rutin berlari di pagi hari. Hal ini karena kerutan yang disebabkan oleh penurunan produksi kolagen dan jogging pagi dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan kesehatan paru-paru

Meski efek lari pagi membuat pernapasan menjadi lebih cepat karena kelelahan, namun ternyata manfaat lari pagi ini bisa menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru dapat tetap sehat karena suasana pagi memiliki kadar oksigen yang tinggi. Berlari membutuhkan oksigen dalam jumlah besar, dan udara pagi yang masih bersih dan kaya oksigen dapat sangat mempengaruhi kesehatan paru-paru Anda.