Menjaga Kebersihan Makanan dan Peralatan Makan bagi Kesehatan Anak

kesehatan anak

Lebih dari separuh penyakit dan kematian pada anak di bawah usia lima tahun disebabkan oleh kuman yang masuk ke mulut melalui makanan, air, dan tangan yang kotor, dll.

pentingnya kebersihan

Anak-anak, terutama anak-anak (di bawah usia lima tahun) sering memasukkan tangan atau benda ke dalam mulut selain makanan, biasanya hanya untuk bermain dengannya. Itulah mengapa penting bagi anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan tangan, menyingkirkan atau membersihkan barang-barang yang mungkin dijangkau oleh balita.

Kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air dapat menghindari penyakit diare Mengurangi risiko penyakit lain, termasuk infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia dan infeksi mata, terutama trachoma. Walaupun kuman dan mikroorganisme tidak terlihat dengan mata telanjang, mereka sulit untuk dihilangkan, tetapi menjaga kebersihan yang baik mengurangi risikonya, dan telah terbukti memiliki efek positif.

Kewajiban orang tua dan lingkungan untuk melindungi anak balita agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh masuknya kuman penyakit melalui mulut; Dengan menjaga kebersihan dan dengan memperhatikan perilaku anak dan membimbingnya dengan cara yang baik.

Kebersihan makanan

Makanan/makanan bisa berbahaya jika tidak dicuci dan/atau dimasak dengan benar. Buah dan sayuran harus dicuci bersih sebelum diproses. Makanan yang dimasak harus segera dimakan setelah disimpan atau dipanaskan kembali.

Memasak bisa membunuh kuman. Makanan, terutama ternak dan unggas, harus dimasak dengan baik. Makanan harus segera diselesaikan setelah dimasak agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

  • Jika makanan harus disimpan lebih dari dua jam, makanan harus disimpan di lemari es atau tetap hangat.
  • Jika makanan yang dimasak tidak segera dimakan, makanan harus ditutup untuk melindunginya dari lalat dan serangga. Jika ingin menyantap makanan, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu.

Makanan mentah, terutama unggas dan makanan laut, biasanya mengandung kuman. Makanan yang dimasak dapat terinfeksi kuman jika bersentuhan dengan makanan mentah. Oleh karena itu, makanan mentah tidak boleh dicampur dengan makanan matang. Pisau, talenan dan peralatan yang digunakan untuk makanan mentah harus selalu dicuci dengan sabun.

  • Diperlukan perhatian khusus dalam menyiapkan makanan bayi dan bayi. Makanan mereka harus selalu segar dan segar.
  • ASI adalah ASI yang paling aman dan mengandung nutrisi terbaik untuk bayi dan balita. Susu yang diperah dapat disimpan pada suhu kamar hingga delapan jam, asalkan berada di tempat yang bersih dan tertutup. Semua makanan yang berasal dari unggas harus dimasak dengan matang dan matang untuk menghindari flu burung.
  • Buah dan sayuran harus dikupas atau dicuci dengan air bersih yang mengalir, terutama jika akan diberikan mentah kepada bayi atau anak kecil. Buah dan sayuran biasanya mengandung residu pestisida dan herbisida, yang berbahaya jika tertelan.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air setelah menangani makanan mentah.

pembersihan peralatan makan

Makanan, peralatan makan dan peralatan masak harus selalu bersih, makanan harus disimpan di tempat tertutup. Hal ini penting untuk diperhatikan saat mencuci, menyimpan dan menggunakan peralatan makan, karena dapat dipertimbangkan potensi kontaminasi kuman yang dapat berkembang biak dan menyebabkan penyakit, terutama pada anak-anak.

Begitu pula jika Anda membeli sarapan atau makanan di luar rumah; Baik itu makanan di tempat atau dikemas dan dibawa pulang, penting untuk memperhatikan kebersihan, kebersihan makanan, bahan makanan, peralatan makan, pengemasan dll. Jika terkena penyakit akan merepotkan semua pihak, cemas, dan tentunya akan membutuhkan tenaga, pikiran dan uang.

Kuman yang ada dalam makanan dapat tertelan dan menyebabkan penyakit. Untuk menghindari kuman penyebab banyak penyakit, maka:

  • Peralatan makan harus selalu bersih.
  • Pisau, perkakas, perkakas, gelas, gelas, sendok dan piring harus tetap bersih dan tertutup.
  • Untuk membersihkan panci dan wajan, waslap/serbet harus dicuci setiap hari dan dikeringkan di bawah sinar matahari yang cerah. Perkakas dan peralatan harus dicuci dan dikeringkan di rak segera setelah makan.
  • Makanan harus disimpan di tempat tertutup untuk menghindari binatang, serangga dan debu.
  • Jangan gunakan botol susu dan dot karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman penyebab diare. Berikan makanan bayi dalam ASI atau dalam gelas bersih.

asap dapur

Asap dapur di dalam rumah harus bisa dikeluarkan dengan baik dan kebiasaan ibu membawa anak saat memasak di dapur harus dihindari. Asap dapur sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan. Oleh karena itu rumah harus bebas dari asap dapur. Jika ada banyak asap di dapur, akan sangat berbahaya membawa anak kecil ke dapur saat memasak. Anak mungkin merokok dan ini dapat menyebabkan sesak napas dan iritasi pada mata. Diusahakan dapur harus memiliki cerobong asap/ventilasi yang memadai agar asap yang keluar dari dapur dapat segera keluar dan terjadi pergantian udara yang baik.