Pentingnya Perawatan Kulit untuk Pria

perawatan kulit pria

Perawatan kulit Atau perawatan kulit adalah salah satu industri terbesar di dunia kecantikan. Meskipun produk perawatan kulit lebih banyak digunakan oleh wanita, namun juga dibutuhkan oleh pria. Hal ini dikarenakan kepercayaan bahwa bagi pria, menghargai penampilan dan menggunakan perawatan kulit adalah hal yang feminim, meskipun lebih pada kebersihan dan menjaga kesehatan kulit.

dilaporkan dari wawancara dengan Fauzan tentang persepsi pria tentang perawatan kulit di Indonesia menunjukkan bahwa ide menggunakan perawatan kulit hanya ditujukan untuk wanita. Persepsi ini mencegahnya untuk mulai menggunakan produk perawatan kulit meskipun memiliki kulit yang cerah rawan jerawat,

“Banyak orang Indonesia yang berpikiran tertutup, Dulu saya juga begitu, tapi saat saya cek kondisi (kulit) saya, ternyata banyak juga pria yang menggunakan produk perawatan kulit (untuk masalah ini),” kata Fauzan. Namun, masih banyak anggapan seperti itu di Indonesia, salah satunya Noel ketika memikirkan ‘kata’.Perawatan kulit, “Masalahnya kebanyakan orang yang menggunakan produk perawatan kulit adalah wanita. Jika pria menggunakannya (perawatan kulit), mereka akan terlihat feminin.

Perawatan kulit tidak hanya sekedar kecantikan tetapi lebih kepada kebersihan dan kesehatan kulit. Jadi yuk ketahui disini pentingnya perawatan kulit bagi pria dan wanita!

Pentingnya perawatan kulit

  • Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari menyebabkan kita terkena sinar matahari, dan polusi udara seperti asap rokok, kendaraan dan limbah udara pabrik dapat merusak kekencangan kulit. Ini juga bisa menjadi pemicu beberapa penyakit kulit seperti jerawat, eksim dan psoriasis. Namun, semua itu bisa dihindari jika Anda rutin mencuci muka untuk menjaga kebersihan kulit dan menjaga kesehatan kulit.
  • Penggunaan masker yang tidak tepat saat beraktivitas dapat berdampak negatif pada kulit wajah. saat masker bedah dapat digunakan kembali Atau jika masker kain tidak dicuci dengan benar, bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, jamur, dan parasit. Jika kesehatan dan kebersihan kulit tidak dijaga, tidak hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi juga rosacea dan selulitis.

Manfaat perawatan kulit

Selain penting, perawatan kulit memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Hindari penuaan dini.
  • Kulit merupakan organ terbesar dan terluar, sehingga perlu dilindungi. tabir surya Ada cara untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Menjaga kesehatan kulit dapat mencegah masuknya mikroorganisme ke dalam kulit, dan menjaga kesehatan kulit dapat mencegah timbulnya jerawat dan iritasi.

Tips perawatan kulit

Jangan takut untuk mulai melakukan perawatan kulit. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan saat memulai perawatan kulit:

  1. Kenali jenis kulit Anda untuk memilih produk perawatan kulit yang disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.
  2. Cuci muka secara rutin dua kali sehari sebelum beraktivitas dan pada malam hari setelah beraktivitas untuk menjaga kebersihan kulit.
  3. Gunakan toner. Ada berbagai macam toner di sini yang sesuai dengan kebutuhan kulit. toner pelembab direkomendasikan untuk kulit kering, dan toner pengelupasan kulit Direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Meskipun, toner pengelupasan kulit Dapat juga digunakan untuk kulit kering karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang tersisa di wajah.
  4. Gunakan pelembab untuk mengunci semua produk dan menjaga kelembapan kulit.
  5. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, gunakan tabir surya sebanyak 2 jari setiap 2 jam.

Hal-hal yang perlu diingat saat bercukur

Ini adalah salah satu perawatan kulit yang harus diperhatikan pria saat bercukur. Jika Anda tidak merawat kulit Anda sebelum dan sesudah bercukur, itu akan berpengaruh. Ikuti tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan kulit:

1. Gunakan air hangat sebelum dan sesudah bercukur

Sebelum bercukur, mencuci muka dengan air hangat dapat melembapkan kulit, dan memudahkan proses bercukur. Namun, menggunakan krim cukur dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Juga, apakah Anda pernah melihat bintik-bintik merah muncul setelah mencukur jenggot dan kumis? Ini merupakan tanda adanya iritasi pada folikel rambut. Nah, cara mengatasi iritasi pada folikel rambut adalah dengan membasuhnya dengan air hangat setelah bercukur.

2. Ikuti arah sayap yang naik

Banyak inovasi pencukuran menawarkan jumlah pisau yang lebih banyak daripada pisau cukur. Ini tidak perlu karena tidak mempengaruhi hasil mencukur secara berlebihan. Cara mencukur akan lebih berpengaruh terhadap hasil pencukuran dibandingkan alat. Cara mencukur yang benar adalah mengikuti arah tumbuhnya rambut dan bukan sebaliknya.

3. Hindari menggosok wajah dengan handuk

Setelah mencuci muka, tepuk-tepuk wajah dengan lembut menggunakan handuk. Hindari menggosok karena dapat mengiritasi kulit.

Kebersihan dan kesehatan kulit tidak boleh dibedakan berdasarkan jenis kelamin karena kulit adalah organ terbesar manusia dan harus dijaga. Selain merawat kulit dengan produk perawatan, mengkonsumsi Makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin juga dapat membantu merawat kesehatan kulit. Apakah Anda tahu! Yuk mulai rawat kulit kita, dan lakukan pola makan yang sehat.