Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Maag

maag

Maag merupakan gejala yang terjadi pada saluran pencernaan seperti mulas, perut kembung dan mual. Apa saja penyebab sakit maag?

GERD

GERD atau asam lambung naik. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah suatu kondisi ketika produksi asam di lambung meningkat di kerongkongan. Ini karena katup yang memisahkan lambung dan kerongkongan menjadi lemah. Katup ini harus terbuka saat makanan masuk dan menutup untuk mencegah asam lambung. Asam lambung yang menumpuk pada akhirnya dapat menyebabkan rasa sakit di ulu hati, rasa pahit di mulut, dan jika tidak diobati, batuk juga bisa terjadi.

radang perut

Suatu kondisi di mana lapisan perut menjadi bengkak (meradang). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H.pylori). Perut kembung ditandai dengan nyeri ulu hati, mual dan kembung di perut. Gastritis tidak begitu berbahaya. Anda dapat pulih dengan minum obat-obatan seperti antasida dan antibiotik.

sakit maag

Gastritis dapat menyebabkan luka pada dinding lambung. Kondisi ini dikenal sebagai tukak lambung. Anda akan merasakan sakit di ulu hati bersamaan dengan mual. Situasi ini tidak dapat segera diperbaiki. Anda mungkin memerlukan obat lambung seperti antasida atau kelas penghambat pompa proton Suka Omeprazol.

penyakit usus sensitif

Biasa disebut sindrom iritasi usus besar atau IBS. Sindrom iritasi usus ditandai dengan sulit buang air besar, diare, dan kram perut. Terlepas dari beberapa faktor risiko seperti infeksi, gangguan sistem saraf dan kontraksi usus yang tidak normal, penyebab pasti dari iritasi usus tidak diketahui.

pankreatitis

Pankreatitis atau radang pankreas juga menjadi salah satu penyebab munculnya gejala sakit maag. Pankreatitis dapat dilihat dengan sejumlah gejala yang bermanifestasi seperti mual dan muntah di perut. Korban juga dapat mengalami demam, peningkatan denyut jantung dan sakit perut.

merokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan bisul. Rokok dan alkohol mengandung zat yang dapat mengganggu kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Alkohol sendiri dapat merusak lapisan lambung. Jika Anda seorang perokok dan sering mengkonsumsi alkohol. Kalau bisa dikurangi ya. Sakit maag bisa berbahaya lho, jika dibiarkan.

kebiasaan makan

Diet juga bisa menyebabkan maag. Diet yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • makan dalam porsi besar
  • Setelah makan, hanya berbaring
  • sering makan makanan pedas
  • Makan makanan yang mengandung lemak dan santan
  • sering minum minuman bersoda atau minuman berkafein

Ketegangan

Penyebab berikut adalah stres. Mengapa? Stres bisa memicu produksi gas berlebih di perut, apalagi jika dibarengi dengan pola makan yang salah. Akhirnya memicu gejala seperti mual dan kembung. Kondisi ini semakin parah jika Anda menderita gangguan pencernaan lain seperti GERD dan IBS.

efek obat

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa berbahaya. Misalnya, obat antiinflamasi nonsteroid (ibuprofen atau asam mefenamat) dalam dosis tertentu juga dapat menyebabkan tukak lambung.

kanker perut

Gejala maag yang mungkin Anda rasakan mungkin karena kanker usus besar. Ini terjadi ketika sel tumor ganas berkembang di perut.

Kapan sebaiknya pergi ke dokter?

  • Jika Anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba
  • kehilangan selera makan
  • bangku hitam
  • Anda mengalami kesulitan menelan makanan
  • badan terasa lemas
  • sesak nafas dan nyeri dada