Penyebab Rahang Berbunyi Saat Membuka Mulut

Penyebab Rahang Berbunyi Saat Membuka Mulut

Rahang yang mengeluarkan suara saat mulut membuka atau menutup disebut juga dengan temporomandibular joint (TMJ).

Sendi temporomandibular atau TMJ adalah salah satu sendi yang paling kompleks dalam tubuh manusia.

Sindrom sendi temporomandibular adalah gangguan umum yang ditandai dengan nyeri di sekitar sendi dan otot rahang yang mengontrol aktivitas mengunyah. Sendi ini menghubungkan tulang rahang ke tengkorak dan engsel di setiap sisi.

Berikut beberapa Penyebab Rahang Berbunyi Saat Membuka Mulut :

1. Sering mengunyah permen karet

2. Sering gigit kuku

3. Kebiasaan menggertakkan gigi

4. Kebiasaan mengatupkan rahang

5. Kebiasaan menggigit bagian dalam bibir atau pipi

Ada juga penyebab dari suatu kelaian yakni :

1. Rahang patah atau terkilir akibat cedera

Rahangmu pernah cedera? Jika Anda pernah mengalaminya kemungkinan rahang Anda patah atau remuk. Ini terjadi ketika sendi rahang bengkok.

Jika rahang Anda patah atau terkilir Anda mungkin juga mengalami pembengkakan dan memar yang berdarah. Cedera rahang membutuhkan perawatan segera dengan penyembuhan yang tepat.

2. Terjadi maloklusi gigi

Gigi yang tidak sejajar juga dapat menyebabkan suara rahang saat Anda membuka mulut. Maloklusi adalah istilah medis yang menggambarkan posisi atau susunan gigi dan rahang yang tidak normal.

3. Infeksi kelenjar ludah

Infeksi pada kelenjar ludah dapat menyebabkan TMJ dan patah tulang rahang. Infeksi dapat terjadi pada kelenjar parotis kelenjar submandibular di bawah tulang rahang dan kelenjar sublingual di bawah lidah. Orang dengan penyakit menular tidak dapat membuka mulut sepenuhnya dan tidak dapat mengeluarkan suara rahang. Orang yang terkena juga mengalami mulut kering nyeri wajah rasa tidak enak di mulut pembengkakan wajah dan leher dan munculnya nanah di mulut.

Penanganan Pada Rahang yang Berbunyi

1. Gunakan kompres panas atau dingin

Basahi handuk atau kain tipis dalam air hangat peras kelebihan air dan letakkan di rahang yang sakit selama 10-15 menit. Anda juga bisa membuat bantal pemanas di rumah.

Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih mudah ke area yang sakit. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengendurkan otot rahang dan sendi yang terlalu aktif.

Di sisi lain jika dagu Anda membengkak gunakan air dingin selama 10 hingga 15 menit. Suhu dingin membantu menekan produksi zat peradangan dan mengurangi pembengkakan.

2. Konsumsi obat pereda nyeri

Ada beberapa pilihan pereda nyeri yang bisa Anda gunakan agar aktivitas sehari-hari Anda tidak terganggu. Jika Anda memutuskan untuk minum obat pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pemberian obat mungkin tergantung pada area dan tingkat keparahan rasa sakit

3. Hubungi Dokter

Jika rahang masih saja tetap berbunyi segeralah hubungin dokter untuk penanganan lebih lanjut.