Inilah Alasan Kenapa Ulu Hati Terasa Sakit

Inilah Alasan Kenapa Ulu Hati Terasa Sakit

Sakit ulu hati disebut juga sakit maag adalah sensasi tidak nyaman yang terjadi di bagian tengah sekitar perut bagian atas.

Sakit ulu hati biasanya disebabkan oleh makanan atau obat-obatan tertentu yang dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa resep dokter.

Jika ini terjadi sesekali kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun perlu diingat bahwa kondisi ini juga dapat dikaitkan dengan berbagai masalah medis dan kondisi yang berpotensi fatal.

Nyeri di bagian tubuh ini biasanya merupakan gejala dari beberapa penyakit. Kram perut bisa menjadi gejala berbagai penyakit termasuk nyeri. Sakit perut dalam hal ini dapat disebabkan oleh refluks asam yang tidak dapat dicerna esofagitis atau gangguan pencernaan. Selain itu sakit perut bisa disebabkan oleh asupan alkohol yang berlebihan atau kehamilan.

Penyebab Ulu Hati Terasa Sakit

Berdasarkan beberapa sumber, Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat mempengaruhi timbulnya sakit pada ulu hati.

Minum Alkohol

alkohol

Penyebab sakit ulu hati bisa jadi akibat dari asupan alkohol terutama konsumsi alkohol yang berlebihan. Pada saat yang sama minum berlebihan atau minum berlebihan dalam waktu lama dapat menyebabkan peradangan pada mukosa lambung. Peradangan ini dapat menyebabkan sakit perut bagian atas dan masalah pencernaan lainnya.

Makan Berlebihan

makan banyak

Penyebab sakit ulu hati juga bisa disebabkan oleh makan berlebihan. Makan berlebihan sering menyebabkan perut melar melebihi kapasitas normalnya.

Jika perut terlalu besar kondisi ini dapat memberi tekanan pada organ-organ di sekitar perut dan menyebabkan rasa sakit di perut bagian atas. Makan berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.

Gangguan Pencernaan

gangguan pencernaan

Penyebab sakit ulu hati mungkin adalah gangguan pada sistem pencernaan. Masalah pencernaan biasanya terjadi setelah makan. Ketika seseorang makan apapun itu menghasilkan asam lambung untuk mencerna makanan. Terkadang asam ini mengiritasi lapisan sistem pencernaan.

Penyakit Tukak Lambung

tukak lambung

Tukak lambung juga merupakan penyebab sakit ulu hati dan perlu diobati. Tukak lambung disebabkan ketika lapisan lambung atau usus kecil rusak oleh infeksi bakteri atau dengan mengonsumsi terlalu banyak obat seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Gejala sakit maag mungkin termasuk gejala pendarahan internal seperti nyeri epigastrium dan nyeri perut kelelahan dan sesak napas.

Baca Juga : 5 Sayuran yang Bagus untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Kenapa Ulu Hati Terasa Sakit Saat Hamil ?

hamil

Ibu hamil lebih rentan terhadap sakit pada ulu hati. Ini karena janin yang sedang tumbuh menekan perut sehingga menimbulkan rasa sakit. Selain itu, perubahan hormon selama kehamilan juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Namun sakit perut yang terus-menerus bisa menjadi tanda preeklamsia. Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

Preeklamsia bisa berakibat fatal bagi ibu dan janin. Jadi jika sudah terdeteksi Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dengan cermat. Diagnosis yang tepat memerlukan tes seperti tes darah tes urin dan tes tekanan darah.

kenapa saat minum ulu hati terasa sakit ?

minum air putih

Rasa sakit ini seharusnya tidak berhubungan dengan air minum. Namun jika air yang Anda minum adalah air yang sangat dingin yang mengandung kafein (kopi teh soda coklat mint dll) dan produk susu keluhan ini bisa jadi karena peningkatan asam lambung seperti pemicu gastritis. Memiliki penyakit refluks gastroesofageal atau tukak lambung.

Namun untuk alasan keamanan pemeriksaan fisik menyeluruh harus dilakukan oleh dokter atau dengan dukungan tes lain seperti kardiologi (elektrokardiografi) atau diagnosis endoskopi dan pengobatan yang tepat. Jika benar peningkatan asam lambung penyebabnya dokter akan meresepkan obat yang menetralkan asam lambung dan meredakan gangguan tersebut.